:: Kisah Cerdiknya Qadhi Syuraih Saat meminang Gadis Cantik Yang Juga hendak Dipinang Pemuda Lain Yang Lebih Tampan dan Kaya::


Dalam rekaman kajian bersama Al Ustadz Armen Halim Naro -rahimahullah- yang berjudul Buhul Cinta, di bagian sesi tanya jawab, seseorang bertanya:

“Wahai ustadz, bagaimanakah trik agar tidak minder saat melamar seorang gadis?”

Maka mulailah Al Ustadz -rahimahullah- menukilkan sebuah kisah tentang Qadhi Syuraih -seorang ulama shalih terdahulu – rahimahullah- yang sudah tua usianya namun hendak meminang seorang wanita. Pada saat itu, ada juga seorang pemuda yang tampan lagi mapan juga ingin meminang gadis tersebut.

Mulailah si pemuda saingan Qadhi Syuraih bercerita tentang kelebihan-kelebihannya dan sang gadis pun selalu tertarik dengan perkataannya.

Alih-alih minder karena kalah muda dan kalah tampan, Qadhi Syuraih berkata kepada sang pemuda tersebut,

“Apa pekerjaanmu, wahai pemuda?”
“Aku adalah seorang bendahara”, jawab pemuda.
“Apa keahlianmu?” lanjut Qadhi Syuraih
“Aku (dalam melakukan pekerjaanku menghitung uang) tidak membiarkan satu dirhampun terluput dari hitunganku.”

Melihat keahlian sang pemuda dalam pekerjaannya, Qadhi Syuraih dengan cerdik dan percaya diri memungkasi jawabannya,

“Sungguh aku adalah seorang pelupa tentang harta. Saat aku meninggalkan rumahku setelah menghitung uang, aku pun sering melupakannya sehingga istriku yang lain sering mengambil bagian yang aku lupakan tersebut. Itu seringkali terjadi sehingga istriku seringkali mendapatkan bagian harta yang aku sendiri lupa di mana tempat menaruhnya.”

Mendengar pengakuan Qadi Syuraih, sang gadis yang hendak dipinang pun berpaling dari pemuda tersebut kepada Qadhi Syuraih dan berkata,

“Sungguh engkau seorang yang sangat dermawan.”

Akhirnya sang gadis pun menerima pinangan Qadhi Syuraih.

Masya Allah. Sungguh cerdas Qadhi Syuraih – rahimahullah-

Tinggalkan Balasan

