Senandung Imam asy Syafi’i Rahimahullah Menjelang Wafatnya


Al Mazini bercerita:

Aku menemui Imam asy Syafi’i rahimahullah saat ia sakit menjelang kematiannya.

Aku bertanya, ”Bagaimana keadaanmu?”

Ia menjawab, ”Aku akan meninggalkan dunia, berpisah dengan saudara-saudaraku, meneguk gelas kematian, berjumpa dengan buruknya amal, dan kembali kepada Allah Swt. Aku tidak tahu apakah ruhku akan kembali ke surga sehingga layak kuberi ucapan selamat ataukah ke neraka sehingga aku pantas berbela sungkawa kepadanya.”

Ia lalu menangis dan bersenandung:

Saat hatiku sesat dan jalanku sempit hanya asa pada ampunan-Mulah tanggaku

Dosaku tampak demikian besar namun Ampunan-Mu, ya Allah, jauh lebih besar

Engkau senantiasa mengampuni dosa serta berbaik hati dan memberi maghfirah serta anugerah

Andai bukan karena-Mu, tidak seorangpun hamba selamat dari Iblis

Bagaimana tidak, hamba pilihanmu, Adam, pernah disesatkannya.

Tinggalkan Balasan

